Lifestyle

Wanita Susah Baca Maps? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Kenapa Cewek Sering Dibilang Gabisa Baca Maps?

Kabari99-Kita pasti sering mendengar banyak yang menyebut wanita sulit membaca arah peta atau Google Maps ketika berada di perjalanan. Bahkan, ada yang sampai salah menujukkan arah jalan meski telah melihat peta. Namun, kasus ini bukan untuk semua wanita, ya.
Pertanyaan mengenai sulitnya wanita membaca peta atau maps ini ramai kembali saat terdapat sebuat konten di aplikasi tiktok yang memperlihatkan seorang wanita salah membaca maps. Awalnya ia jendak pergi ke jogja bersama kekasihnya. Namun, karna salah membaca maps mereka sampai di Kota Solo.
Tak dapat dipungkiri, ada juga kaum hawa yang lihai membaca arah di area yang sama sekali tidak pernah ia kunjungi. Namun, sebagian lainnya pasti selalu sulit membaca arah peta. Berbeda dengan pria, rata-rata orang menganggap mereka paham membaca arah peta yang mereka lihat.
Nah, untuk membahas hal tersebut, mengapa hal tersebut bisa terjadi. Dan, apa yang menyebabkan sebagian wanita kerap salah membaca arah peta.

Otak kanan wanita dan pria sangat berbeda

Menurut berbagai sumber, otak kanan pria lebih besar dari wanita. Tak ayal, otak pria disebut sangat berkembang dan memiliki spasia (kemampuan khusus) yang lebih kompleks atau rumit. Disebutkan, setiap pria memiliki kemampuan merancang hingga membayangkan dengan baik.
Hal yang sama juga terjadi saat membaca arah peta. Kaum adam dinilai selalu menganalisa arah peta dengan baik karena memiliki otak kanan yang lebih besar dari wanita.
Di sisi lain, otak kanan kaum hawa cenderung lebih kecil hingga dianggap kerap salah membayangkan hingga mengimplementasikan ke dunia nyata termasuk membaca peta.

Hormon Testosteron

Hormon juga sangat mempengaruhi mengapa sebagian wanita kerap keliru membaca arah peta dan selalu kesasar. Disebutkan, jumlah hormon testosteron pria ternyata lebih tinggi dari wanita.
Hal inilah yang juga jadi pemicu mengapa pria selalu lebih paham membayangkan termasuk membaca arah peta dan mengimplemantasikannya. Di sisi lain, yang perlu kamu ketahui, makin tinggi hormon testosteron pada manusia maka makin tinggi pula lah daya ingat atau membayangkan.
Sementara itu, bagi wanita, kandungan testosteron dinilai lebih sedikit dari pria. Tak ayal, daya membayangkan atau mengimplmentasikan ke dunia nyata sangat berkurang hingga mempengaruhi ketika membaca arah peta.

Pria sudah dikodratkan berburu

Pada zaman dulu, kaum pria bertugas untuk berburu demi mencari makanan. Tak ayal, mengetahui arah jalan serta membayangkannya merupakan hal yang wajib diketahui agar tidak salah jalan.
Tak ayal, kodrat tersebut masih dimiliki kaum pria hingga saat ini termasuk membayangkan dan mengimplemntasikan arah peta ke dunia nyata saat berada di perjalanan. Di sisi lain, meski tak semua wanita mengalami hal tersebut, namun banyak juga kaum hawa paham cara membaca peta dan membayangkannya.
Itulah mengapa kaum hawa kerap disebut salah membaca hingga membayangkan arah peta dan selalu berujung kekeliruan atau salah jalan. (fre)
Kabari99-Auliya-Yogyakarta

last post

Back to top button